Jumat, 21 Maret 2014

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM INDUSTRI MINYAK DAN GAS [chapter2]

Proses Teknologi

            Kompetensi yang tinggi dalam teknologi proses mampu mengoptimalkan pengolahan minyak dan gas bumi dengan tepat guna dan ramah lingkungan. Teknologi proses minyak dan gas bumi telah mencapai tahap yang sangat canggih melalui kegiatan penelitian dan pengembangan dengan tingkat akurasi yang tinggi dengan menggunakan perangkat yang andal yang dibutuhkan industri minyak dan gas bumi. Keahlian LEMIGAS dalam bidang teknologi proses ini meliputi teknologi separasi, kimia analitik dan terapan, proses konversi dan katalisa, bioteknologi, teknologi lingkungan serta enjinering dan pemodelan. Dengan tenaga pelaksana yang terampil dan kompeten, hasil yang dicapai dapat mengoptimalkan pemanfaatan minyak dan gas bumi.

-
Teknologi Separasi

            Mencakup indentifikasi, penilaian, dan evaluasi sistem separasi terkini termasuk pengembangan sistem separasi seperti gas asam hidrokarbon,hidrokarbon berat, minyak sintetis dari batu bara, dan minyak dalam sistem pembuangan air.

-
Kimia Analitik dan Kimia


            Terapan Bidang ini mencakup pengujian sifat fisika kimia untuk mengetahui karakteristik dan kualitas minyak bumi dan produknya, penentuan dan evaluasi bahan kimia untuk industri minyak, analisis limbah, dan program penentuan kualitas seperti korelasi data laboratorium.


- Teknologi Proses Konversi dan Katalisa
Kegiatan ini mencakup antara lain optimasi proses dan integrasi, pengembangan katalis baru, pengujian dan evaluasi katalis serta kajian proses yang baru.

- Bioteknologi

            Teknologi ini termasuk aktivitas mikroba dalam peningkatan perolehan minyak, penanganan limbah migas secara bioremediasi (biologis), kontaminasi dan deteriorasi BBM, pemanfaatan mikroba dalam pengembangan biogas yang mencakup skala laboratorium dan lapangan.


- Teknologi Lingkungan

            Teknologi lingkungan mencakup kegiatan identifikasi, prediksi dan mitigasi dampak lingkungan. Penggunaan teknologi lingkungan juga ditujukan untuk meremediasi lingkungan lahan - lahan tercemar minyak bumi, melalui metodametoda termal, fisika, kimia dan biologi.

- Enjinering dan Pemodelan

Kegiatan ini meliputi perancangan proses, pemodelan/simulasi proses, optimasi dan integrasi proses, fasilitas plant dan permukaan, analisis jaringan pipa, pengembangan dan pembaruan dari data base minyak bumi Indonesia.

Ø      Masalah dalam pengeboran

·        Pengaktifan torsi
·        Pipa yang terjebak atau stuck
·        Kehilangan alat
·        Tali bor putus
·        Hilangnya sirkulasi
·        Ledakan
Informasi dalam Kegiatan Pengeboran
- Memeriksa, menyaring, dan mengkonversi file log data digitan sebelum mereka diintegrasikan kedalam software interpretasi atau sistem manajemen data.
- Memantau situs dan memberikan keamanan kepada sistem pengiriman data yang real time langsung dari situs ke desktop.
- Mengontrol tekanan, memantau suhu, memantau torsi dan mengontrol putaran otomatis dengan komputer.

Solusi Industri Minyak dan Gas
- Kunci Solusi untuk Industri Minyak dan Gas adalah Teknologi.
- Banyaknya Teknologi seni baru yang diterapkan untuk Industri Minyak dan Gas.
- Sebagian besar Teknologi baru akan memiliki Teknologi Informasi yang terlibat.

            Observasi Bumi informasi yang diberikan oleh produk geospasial Intermap, solusi, dan layanan dari platform udara, radar tersedia secara komersial, dan satelit optik momentum sebagai alat yang ampuh untuk semua fase dalam industri minyak dan gas. Dengan produk geospasial bermain seperti peran penting dalam industri minyak dan gas, perusahaan memanfaatkan NEXTMap® produk, solusi, dan layanan karena kemampuan mereka yang unik untuk memberikan informasi yang sangat akurat dan rinci geospasial 3D dan solusi yang meningkatkan efisiensi eksplorasi, pengeboran, dan operasi produksi. Intermap juga membantu untuk memaksimalkan nilai aset, menggunakan solusi geospasial untuk meningkatkan efisiensi operasi, dan mengurangi biaya operasional dan modal.            Dari eksplorasi untuk distribusi, produk dan jasa NEXTMap memberikan serangkaian solusi terjangkau untuk proyek Anda. Dimulai dengan cakupan seluruh dunia kami Dunia. NEXTMap 30™ elevasi, untuk NEXTMap resolusi tinggi kami 5 meter dataset elevasi diposting, dan citra resolusi tinggi radar dan data sensor udara, Intermap dapat menjadi sumber utama Anda untuk semua jenis geospasial berkaitan dengan proyek-proyek minyak dan gas informasi.

Kunci Manfaat bagi Industri Minyak dan Gas

            Standarisasi Data: kualitas yang konsisten di seluruh konsesi dan batas-batas politik. Ketersediaan: off-the-shelf: penyebaran lebih cepat, rendering lebih cepat; data dan aplikasi dimuat pada Layanan Web perusahaan untuk akses oleh semua personil perusahaan. Mudah Digunakan: bekerja dengan minyak banyak dan alat-alat gas perangkat lunak; disederhanakan alur kerja.
Penghematan Biaya: jam yang dapat ditagih lebih sedikit dari surveyor, pengukuran yang tepat dan perencanaan rute pipa mengurangi biaya yang terkait dengan bahaya tertentu; alternatif lebih murah, namun akurat untuk survei lapangan untuk perencanaan dan eksplorasi geofisika.
            Penghematan Waktu: situs analisis lokasi lebih cepat pada meja dan lebih sedikit perjalanan ke lokasi situs yang dapat menghasilkan waktu kurang sementara pada lokasi dan kurang surveyor konsultasi waktu. Keselamatan pertimbangan: kemampuan untuk menemukan jalan paling perlawanan dengan membatasi perubahan elevasi dan menghindari bencana alam yang dapat mengakibatkan kerusakan pipa.
            Digital Lebih Analog: mengganti kertas dan gambar teknik yang lebih tua dengan digital GPS terletak sumber / penerima poin. Geospasial Posisi Akurat Data: menggunakan citra akurat dan data elevasi untuk membuat peta infrastruktur akurat, rencana pilihan rute pipa saluran antara sumur bor dan pabrik pengolahan, dan memelihara lokasi rujukan geografis yang tepat dari situs bangunan dan bor            Prospeksi: Kaya digital geospasial arsip untuk analisis usaha baru yang potensial. Mengurangi Biaya Infrastruktur TI: dengan memanfaatkan data terukur Intermap awan global layanan hosting, perusahaan dapat meminimalkan biaya yang berkaitan dengan memperluas dan mempertahankan di-rumah sistem penyimpanan data
"Mereka memiliki apa yang kami butuhkan. Saya tahu pertama kita bisa menggunakan data tersebut untuk membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan membimbing kita untuk singkapan bahwa kita tidak akan ditemukan jika kita akan berkeliling menggunakan tradisional hard copy peta dan perangkat GPS."
- Geologist Stephen Calvert, Marathon International Petroleum Indonesia Ltd.

Pekerjaan dibidang Industri Minyak dan Gas

            Bekerja di industri minyak dan gas memang sulit tapi sangat bermanfaat.
Tergantung di mana ditugaskan tetapi jika Anda berada di lapangan, biasanya punya waktu off untuk beberapa minggu.
Anda juga dapat mengembangkan kemampuan khusus, dapat mengetahui resiko untuk keselamatan dan terus belajar sepanjang waktu.

Orang-orang yang di cari untuk Pekerjaan dibidang Industri Minyak dan Gas-Orang yang selalu bersedia dan ingin mempelajari lebih lanjut.
-Orang yang selalu bersedia untuk membantu dan tidak selektif dalam apa yang harus dilakukan / tidak memilih-milih.
- Orang yang mampu bekerja dalam tim, biasanya tim  internasional.
- Orang yang mampu mengajar orang lain dan mengkomunikasikan ide-ide mereka.
- Setiap engineer kecuali arsitek
- Sehat jasmani dan rohani
- Pekerja keras dan pekerja cerdas

Perusahaan migas memiliki beberapa divisi yang punya tugas dan membutuhkan orang yang sesuai:

- Health, Safety, Security, Environment == Kesmas, Teknik Lingkungan, Mikrobiologi
- Operations and Supply Chain == Teknik Industri
- Sales and Support == Marketing, Penjualan
- Commercial == Ekonomi
- Trading == Ekonomi, Teknik Perminyakan
- Business Infrastructur/ Shared Services == Hukum, Pajak, Manajemen SDM, Finansial, Akutansi
- Technology == Informatika, Sistem Informasi
- Engineering == Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Metalurgi, Teknik Kelautan
- Wells  == Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan
- Technician == Teknik Mesin, Teknik Fisika, lulusan SMA
- Subsurface == Teknik Perminyakan, Teknik Kimia
- Project == Teknik Industri, Teknik Kimia

Karir Cemerlang di Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas
            Jika anda berminat mencari pekerjaan di bidang pertambangan khususnya pertambangan minyak mentah dan gas alam, bersiaplah untuk berkompetisi melawan ribuan pencari kerja yang juga melamar untuk posisi/jabatan yang sama di sebuah perusahaan tambang minyak/gas. Dan kemungkinan sebagian besar dari mereka telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam industri pertambangan.            Tidak dapat disangkal, bagi pencari kerja di Indonesia, bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan minyak dan gas adalah impian akan masa depan yang cerah. Apalagi Indonesia memang memiliki banyak ladang minyak dan gas yang sudah maupun belum diekspoitasi sehingga banyak perusahaan asing menanamkan modal mereka di negara ini. Perusahaan pertambangan minyak dan gas dikenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji/kompensasi tinggi yang nantinya menjadi daya tarik menggiurkan bagi setiap pencari kerja. Selain itu dapat bekerja di perusahaan pertambangan juga memberikan prestise bagi pekerjanya karena mereka telah berhasil mengalahkan ribuan pesaing.            Berdasarkan hasil dari berbagai survey yang dilakukan di Indonesia, perusahaan pertambangan minyak dan gas memberikan gaji yang jauh diatas rata-rata bagi para pekerja entry level disbanding perusahaan lainnya. Di perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola pertambangan di Indonesia, gaji pekerja entry level mereka bisa mencapai Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000, tergantung dengan posisi dan kompetensi yang dimiliki pekerja. Di perusahaan asing, anda bisa mendapat jumlah gaji yang lebih besar lagi.            Dari data salah satu situs penyedia lowongan pekerjaan di Indonesia, terdapat 3 posisi yang paling dibutuhkan di perusahaan pertambangan, diantaranya adalah

1. Senior Geologist

            Senior geologist bertugas untuk merencanakan mulai dari riset, review dan menilai data geologi dan geofisika dari sebuah area tambang. Setelai selesai merencanakan, mereka akan bekerja sama dengan tim pengeboran untuk memulai dan melaksanakan program eksplorasi. Seorang Senior Geologist harus mengawasi setiap aktifitas selama proses pengeboran dan eksplorasi, mengembangkan dan menjaga model geological untuk setiap area eksplorasi.

Kualifikasi yang harus dimiliki seorang calon pekerja yang ingin menjadi Senior Geologist adalah:
• Memiliki gelar sarjana Geologi
• Menguasai modeling software
• Paling tidak berpengalaman selama 10 tahun di industri yang sama
• Memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik


2. Health Safety and Environment Senior Officer

            Divisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja diciptakan untuk menjamin dan memberikan lingkungan kerja yang kondusif bagi kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan perusahaan. Posisi ini diharuskan meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan dan kecelakaan kerja.

Persyaratan untuk bekerja di posisi ini adalah :

• Memiliki gelar sarjana di bidang yang terkait dengan pertambangan, pengalaman paling tidak 5 tahun.
• Menguasai pengetahuan mendalam mengenai perijinan, peraturan keselamatan, sistem manajemen dan audit, berbagai jenis pelatihan dibidang keselamatan, kesehatan dan lingkungan.
• Mempunyai kemampuan untuk menganalisa keadaan dan kebutuhan perusahaan dengan akurat, memiliki integritas tinggi dan berkomitmen dengan keselamatan tenaga kerja.
3. Geophysicist

            Tanggung jawab seorang Geophysicist antara lain adalah menghitung, menganalisa keadaan fisik bumi secara keseluruhan, termasuk menentukan peralatan dan metode yang cocok dengan keadaan keadaan bumi sebelum eksplorasi dilakukan. Posisi ini akan banyak bekerja di lapangan dan laboratorium.

• Memiliki gelar sarjana teknik geofisika, pengalaman minimal 3 tahun.
• Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam menerjemahkan data yang diperoleh kepada anggota tim, klien, manajer senior dan rekannya dalam presentasi .
• Spesialisasi tertentu sangat bisa menjadi nilai tambahnya. Contohnya seperti menjadi seismologist (‘membaca’ gerakan bumi, gempa), tectnophysicist (mempelajari lempeng tektonik).

Mengapa banyak yang ingin berkarir di bidang Industri Minyak dan Gas ?

- Jalur karir Tetap
- Pelatihan intensif dan program
- Dana pensiun
- Pembagian keuntungan
- Asuransi kesehatan internasional untuk keluarga
- Gaji awal yang bagus


Kesimpulan
            industri minyak dan gas mempekerjakan orang-orang dalam berbagai sangat luas peran pekerjaan, baik offshore maupun onshore, dalam segala macam Spesialis dan profesi. Orang dapat digunakan dalam pekerjaan berbeda seperti pengeboran untuk menemukan minyak di bawah Laut Utara, untuk merundingkan dan melaksanakan perjanjian hukum untuk pengembangan lapangan minyak dan gas. Dalam mengelola seperti beragam staf, gaya manajemen yang tepat sangat penting untuk menjamin keamanan dan solusi terbaik. Untuk menyediakan pasokan berkelanjutan orang yang cocok, OPITO - The Oil & Gas Academy membantu untuk mendorong kaum muda untuk mempertimbangkan industri minyak dan gas sebagai pilihan karir yang menarik. Hal ini juga memastikan bahwa standar industri yang penting untuk keselamatan tenaga kerja dan kompetensi mencerminkan kebutuhan tempat kerja. Semua anggota industri perlu menerapkan pembelajaran mereka ke tingkat tinggi yang diharapkan oleh pengusaha, serikat pekerja dan Kesehatan & Keselamatan Eksekutif.

http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_bumi
Information Technology in Oil & Gas Industry
Hardian Suprapto October 2013(slide ppt)

(Biro Riset LM FEUI, ANALISIS INDUSTRI MINYAK DAN GAS DI INDONESIA:produksi minyak dan gas,
@ryanalfiannoor)http://www.lmfeui.com/data/Analisis%20Industri%20Minyak.pdf
http://ryanalfiannoor.wordpress.com/

(blackberrism(2012),Cara Mendapatkan Minyak Dan Gas Bumi)
http://www.anehdidunia.com/2012/06/cara-mendapatkan-minyak-dan-gas-bumi.html

(Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi, lemigas,  proses teknologi)
http://www.lemigas.esdm.go.id/id/klmpprglitbang-195-teknologi-proses.html

(Solusi Industri Minyak dan Gas)
http://www.skf.com/id/in/industry-solutions/oil-and-gas/index.html
https://www.intermap.com/id-id/industri/minyakdangas.aspx

RezaMaulana 1401123200
@R16Maulana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar