Senin, 16 Juni 2014

TRIVIA DUEL PIALA DUNIA 2014: Jerman vs. Portugal

Skuat Jerman bersiap melakoni laga ketat kontra Portugal

Bentrok sarat gengsi antara dua raksasa Eropa, Jerman dan Portugal diyakini akan berlangsung ketat dan menarik.

Duel ketat akan kembali tersadi dalam laga lanjutan Piala Dunia grup G antara, Jerman dan Portugal yang akan saling berhadapan di Itaipava Arena Fonte Nava, Salvador, Senin (16/6) malam WIB.

Pertandingan diyakini akan berlangsung seru mengingat kedua kubu, baik Die Mannschaft maupunSeleccao sama-sama berambisi untuk memetik poin sempurna dalam partai sarat gengsi tersebut.

Goal Indonesia menyajikan rangkuman data dan fakta yang mengiringi laga yang mempertemukan dua raksasa Eropa itu.


JERMAN VS. PORTUGAL
  • Pertandingan pembuka Jerman di Piala Dunia 2014 melawan Portugal akan menjadi laga ke-100 di turnamen tersebut, mereka adalah tim pertama yang mencapai jumlah laga tersebut.
  • Jerman hanya sekali kalah dari 18 pertandingan terakhir mereka di babak grup Piala Dunia, itu saat melawan Serbia pada 18 Juni 2010 (0-1), selebihnya memenangi 13 laga dan empat kali imbang.
  • Portugal pernah menelan kekalahan dari dua calon lawan mereka di Grup G Piala Dunia: yakni Amerika Serikat pada 2002 dan Jerman pada 2006 di ajang yang sama.
  • Jerman mengawali enam Piala Dunia terakhir mereka dengan kemenangan, terakhir kali mereka gagal menang di laga perdana pada 1986, saat bermain imbang 1-1 dengan Uruguay.
  • Jerman mengemas paling banyak gol diantara kontestan lainnya saat babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa (36).
  • Joao Moutinho mencatatkan umpan terbanyak dibandingkan pemain lainnya saat babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa (10).
  • Portugal hanya mampu menang di sekali di tujuh laga Piala Dunia terakhir mereka (7-0 v Korea Utara di 2010), mencatatkan tiga hasil imbang serta tiga kekalahan.
  • Cristiano Ronaldo baru mengemas dua gol dari total 48 percobaan tembakan yang telah ia lakukan selama ajang Piala Dunia.
  • Portugal hanya memenangi tiga dari 17 pertandingan internasional mereka sebelumnya kontra Jerman (D5 K9), kalah tiga di turnamen besar terakhir (Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2012 dan 2008).
  • Miroslav Klose saat ini memiliki catatan 14 gol di Piala Dunia - hanya bintang Brasil, Ronaldo yang memiliki pencapaian lebih banyak (15).

Partai sengit akan mewarnai laga perdana Grup G yang melibatkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Portugal di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/6) malam WIB.

Di atas kertas, Die Mannschaft lebih diunggulkan untuk merengkuh angka penuh di laga tersebut mengingat materi pemain yang mereka miliki terbilang mumpuni di semua lini, hal yang bertolak belakang dengan apa ada di kubu Seleccao.

Catatan positif yang mengiringi perjalanan kedua tim dalam masa persiapan mereka menuju babak utama Piala Dunia kali ini diprediksi akan menjadikan jaminan hadirnya laga yang menarik. Baik Jerman maupun Portugal sama-sama belum terkalahkan dalam beberapa laga uji coba sepanjang 2014.

Kehilangan sosok Marco Reus akibat cedera diyakini tak akan membawa perubahan mendasar dari skema yang akan diterapkan Joachim Low. Skema 4-2-3-1 tetap menjadi andalan Jerman seperti yang mereka usung di dua edisi sebelumnya.

Dengan pemain komposisi deretan gelandang sekaliber Mario Gotze, Thomas Muller, Andre Schurrle, serta Mesut Ozil, ditambah dengan kehadiran penyerang berpengalaman seperti Miroslav Klose dan Lukas Podolski, kedua sektor tersebut tentunya akan menjadi momok menakutkan bagi kubu lawan.

Di sisi lain, hadirnya sosok Cristiano Ronaldo menjadi tambahan moral tersendiri bagi skuat Portugal. Di laga persahabatan terakhir kontra Republik Irlandia, bintang Real Madrid itu tampil menawan dan mengantar timnya meraih kemenangan telak 5-1.

Sebuah perkembangan yang menggembirakan bagi kubu Seleccao mengingat sebelumnya sang superstar sempat diberitakan tak akan memperkuat tim di bentrok perdana ini akibat cedera berkelanjutan yang dialami.

Dengan skema menyerang 4-3-3 yang selama ini kerap diterapkan Paulo Bento, tentunya sektor sayap menjadi andalan utama Portugal. Sisi yang keran ditempati Ronaldo dan Nani itu mengemban tugas ganda sebagai pendobrak sekaligus pemanja pergerakan Hugo Almeida sebagai penyerang utama.

Perkiraan Susunan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Boateng, Mertesacker, Hummels, Lahm; Kroos, Schweinsteiger; Gotze, Ozil, Podolski; Klose.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Veloso, Pepe, Costa, Coentrao; William, Moutinho, Meireles; Nani, Ronaldo, Hugo Almeida.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar