Senin, 12 Mei 2014

Ini Penyebab Listrik di Jakarta dan Tangerang Padam

Senin, 12 Mei 2014 pada pukul 09.00 pagi hari tadi listrik pun mulai padam. apa penyebab nya??

Listrik Padam di Jakarta

VIVAnews - Sebagian penduduk di Jakarta dan Tangerang mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi hari ini, Senin, 12 Mei 2014. PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang menyampaikan permohonan maaf atas adanya pemadaman itu.
Seperti dikutip dari pln.co.id, penghentian sementara aliran listrik akibat defisit daya sistem sebesar 350 MW karena gangguan Sub Sistem Kembangan dan Sub Sistem Muara Karang-Gandul.

Pemadaman dibagi dalam lima tahap di mana setiap tahap maksimal selama tiga jam.

Adapun wilayah yang terkena penghentian aliran listrik yaitu Apartemen Lippo Karawaci, Jalan Raya Legok, Perum Gading Serpong, Perum Lippo Village, Jalan. Raya Serpong, Alam Sutera, Cipondoh, Jalan Raya Cikupa, Jalan Raya Serang, Pasar Kemis, Jatake, Jalan Industri Palm Manis, dan sekitarnya.

Penghentian dimulai pukul 09.00 WIB dengan wilayah padam yaitu beberapa wilayah di Bintaro, Kebon Jeruk, Bulungan, Grogol, dan sekitarnya.

Saat ini PLN sedang mengupayakan percepatan perbaikan di kedua sub sistem tersebut untuk melokalisir wilayah yang terkena dampak padam. Sehubungan dengan penghentian aliran listrik tersebut, warga yang tidak terkena dampak pemadaman agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya untuk menjaga kestabilan pasokan listrik.
Bagi pelanggan yang mempunyai genset dimohon untuk mengaktifkannya sebagai antisipasi pemadaman.
Penumpang commuter line Serpong-Tanah Abang. [ilustrasi].
PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Senin 12 Mei 2014, menyampaikan permintaan maaf kepada para pelanggan terkait dengan pemadaman sementara aliran listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang. Pemadaman itu disebabkan oleh gangguan Pembangkit Muara Karang, subsistem Kembangan dan Penghantar Muara Karang-Gandul pada hari ini, Senin, 12 Mei 2014.

"Daya sistem mengalami defisit kurang lebih 600 MW," ujar Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Roxy Swagerino, dalam keterangan tertulisnya.

Tidak disebutkan secara jelas hingga kapan pemadaman itu terjadi. Namun daerah yang terkena dampak penghentian aliran listrik sementara dijelaskan antara lain adalah Grogol, Budi Kemuliaan, Kebon Sirih, Karet, Kuningan, Setia Budi, Semanggi, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan M.H. Thamrin, Tanah Abang, Jalan Asia Afrika.
Tak hanya itum daerah berikut juga terkena pemadaman listrik sementara. Antara lain Bintaro, Ciputat, Senayan, Pantai Indah Kapuk, Jalan Joglo, Jalan Kebayoran Lama, Kebun Jeruk, Jalan Raya Tomang, BSD City, Lippo Karawaci, Jalan Raya Legok, Cengkareng, Duri Kosambi, Jalan Raya Serpong, Kebon Jeruk, Jalan Raya Daan Mogot, Kapuk, Jalan Bandengan, dan sekitarnya.

Saat ini, ia melanjutkan, PLN sedang mengupayakan percepatan perbaikan sistem tersebut untuk melokalisir wilayah yang terkena dampak padam. "Sehubungan dengan penghentian aliran listrik tersebut, kami menghimbau kepada pelanggan yang tidak terkena dampak pemadaman agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya untuk menjaga kestabilan pasokan listrik," kata Roxy.

PLN menghimbau konsumen yang tidak terkena gangguan listrik untuk mengaktifkan genset sebagai antisipasi pemadaman. "Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (021) 123, website www.pln.co.id, emailpln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123," kata Roxy.
Sebelumnya, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KRL karena perjalanan kereta lintas Duri-Tangerang dan sebaliknya sejak pukul 15.30 hingga saat ini belum dapat dilakukan, Senin, 12 Mei 2014.

Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, mengungkapkan gangguan perjalanan KRL di lintas Tangerang terjadi karena pemadaman listrik dari PLN. Pemadaman itu menyebabkan listrik aliran atas (LAA) pada jalur rel tidak mendapatkan suplai listrik sehingga commuter line tidak dapat beroperasi.
SUMBER : http://metro.news.viva.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar