Sabtu, 08 Maret 2014

STORY BOARD


Storyboard adalah penyelenggara grafis dalam bentuk ilustrasi atau gambar yang ditampilkan secara berurutan untuk tujuan pra - visualisasi gerakan gambar , animasi , motion graphic atau urutan media interaktif .

Proses storyboard , dalam bentuk yang dikenal saat ini , dikembangkan di Walt Disney Studio selama awal 1930-an , setelah beberapa tahun proses serupa yang digunakan di Walt Disney dan studio animasi lainnya .

Origins

Proses storyboard bisa sangat memakan waktu dan rumit . Banyak anggaran besar film bisu yang storyboarded tetapi sebagian besar bahan ini telah hilang selama pengurangan arsip studio selama tahun 1970 . Bentuk yang dikenal luas saat ini dikembangkan di studio Walt Disney selama awal 1930-an . Dalam biografi ayahnya , The Story of Walt Disney ( Henry Holt , 1956) , Diane Disney Miller menjelaskan bahwa storyboard lengkap pertama diciptakan untuk 1933 Disney pendek Three Little Pigs . Menurut John Canemaker , di Kertas Dreams: The Art and Artists dari Disney Storyboard (1999 , Hyperion Press) , storyboard pertama di Disney berevolusi dari komik - buku seperti " cerita sketsa " diciptakan pada tahun 1920 untuk menggambarkan konsep-konsep untuk animasi kartun pelajaran singkat seperti plane Crazy dan Steamboat Willie , dan dalam beberapa tahun ide menyebar ke studio lain .

Menurut Christopher Finch dalam The Art of Walt Disney ( Abrams , 1974) , Disney dikreditkan Webb Smith animator dengan menciptakan ide menggambar adegan pada lembar kertas terpisah dan menjepit mereka di papan buletin untuk menceritakan sebuah cerita dalam urutan , sehingga menciptakan storyboard pertama . The studio kedua untuk beralih dari " cerita sketsa " untuk storyboard adalah Walter Lantz Productionsin awal 1935, [ 2 ] oleh 1.936 Harman - Ising dan Leon Schlesinger juga mengikutinya. Dengan 1937-1938 semua studio menggunakan storyboard .

Gone with the Wind ( 1939) adalah salah satu film live action pertama yang benar-benar storyboarded . William Cameron Menzies , desainer produksi film , dipekerjakan oleh produser David O. Selznickto merancang setiap shot dari film .

Storyboard menjadi populer dalam produksi film live-action pada awal 1940-an , dan berkembang menjadi media standar untuk previsualization film . Pace Gallery kurator , Annette Micheloson , penulisan pameran Menggambar menjadi Film : Direktur Gambar , dianggap tahun 1940-an ke 1990-an menjadi periode di mana " produksi desain sebagian besar ditandai dengan adopsi storyboard " . Storyboard sekarang merupakan bagian penting dari kemajuan penciptaan .

pemakaian

Sebuah storyboard film yang pada dasarnya adalah sebuah komik besar dari film atau beberapa bagian dari film yang diproduksi terlebih dahulu untuk membantu sutradara film , sineas dan iklan klien komersial televisi memvisualisasikan adegan dan menemukan masalah potensial sebelum terjadi . Selain storyboard ini juga membantu memperkirakan biaya produksi secara keseluruhan dan menghemat waktu . Seringkali storyboard termasuk panah atau petunjuk yang menunjukkan gerakan.

Dalam membuat film dengan tingkat kesetiaan untuk naskah , storyboard menyediakan tata letak visual peristiwa yang harus dilihat melalui lensa kamera . Dan dalam kasus media interaktif , itu adalah tata letak dan urutan di mana pengguna atau pemirsa melihat konten atau informasi . Dalam proses storyboard , sebagian besar rincian teknis yang terlibat dalam menyusun sebuah film atau proyek media interaktif dapat digambarkan secara efisien baik dalam gambar , atau teks tambahan .
Teater

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa storyboard tidak digunakan dalam teater . Mereka sering adalah alat khusus yang direksi dan dramawan gunakan untuk memahami tata letak TKP . The great Rusia praktisi teater Constantin Stanislavski dikembangkan storyboard dalam rencana produksi rinci untuk nya pertunjukan Moscow Art Theatre (seperti dari Chekhov The Seagull pada tahun 1898 ) . Sutradara dan dramawan Bertolt Brecht Jerman dikembangkan storyboard rinci sebagai bagian dari metode dramaturgi nya " fabels . "

animatics

Dalam animasi dan efek khusus bekerja , tahap storyboard dapat diikuti oleh disederhanakan mock - up yang disebut " animatics " memberikan ide yang lebih baik tentang bagaimana adegan akan terlihat dan merasa dengan gerakan dan waktu . Pada sederhana , sebuah animatic merupakan rangkaian gambar diam edited bersama dan ditampilkan secara berurutan dengan dialog kasar dan / atau jalur suara kasar ditambahkan ke urutan gambar diam ( biasanya diambil dari storyboard ) untuk menguji apakah suara dan gambar yang bekerja secara efektif bersama-sama.

Hal ini memungkinkan animator dan direksi untuk bekerja melakukan skenario , posisi kamera , daftar menembak dan waktu isu-isu yang mungkin ada dengan storyboard saat ini . The storyboard dan soundtrack diubah jika perlu , dan baru animatic dapat dibuat dan dibahas dengan direktur sampai storyboard disempurnakan . Mengedit film pada tahap animatic dapat menghindari animasi adegan yang akan diedit dari film . Animasi biasanya merupakan proses yang mahal , sehingga harus ada minimal " adegan dihapus " jika film ini akan selesai dalam anggaran .

Seringkali storyboard animasi dengan membesarkan sederhana dan wajan untuk mensimulasikan gerakan kamera ( menggunakan software editing non - linear ) . Animasi ini dapat dikombinasikan dengan animatics tersedia , efek suara dan dialog untuk membuat presentasi tentang bagaimana sebuah film bisa menembak dan dipotong bersama . Beberapa Film DVD fitur fitur khusus termasuk animatics produksi .

Animatics juga digunakan oleh biro iklan untuk membuat iklan uji murah. Variasi A, " rip - o - matic " , terbuat dari adegan film yang ada , program televisi atau iklan , untuk mensimulasikan tampilan dan nuansa komersial yang diusulkan . Rip , dalam pengertian ini , mengacu pada merobek - off sebuah karya asli untuk membuat yang baru .
photomatic

Sebuah photomatic (mungkin berasal dari ' animatic ' atau foto - animasi ) adalah serangkaian foto-foto diedit bersama-sama dan disajikan di layar secara berurutan . Biasanya , suara -over , soundtrack andsound efek ditambahkan ke bagian untuk membuat presentasi untuk menunjukkan bagaimana sebuah film bisa menembak dan dipotong bersama . Semakin digunakan oleh pengiklan dan biro iklan untuk penelitian efektivitas storyboard yang diusulkan mereka sebelum melakukan ke iklan televisi ' penuh atas ' .
Photomatic biasanya alat penelitian , mirip dengan animatic , karena merupakan pekerjaan untuk tes penonton sehingga komisaris dari pekerjaan dapat mengukur efektivitas.

Awalnya , foto tersebut diambil menggunakan film negatif warna. Sebuah pilihan akan dibuat dari lembaran kontak dan cetakan yang dibuat . Jejak akan ditempatkan pada sebuah panggung dan direkam tovideotape menggunakan kamera video standar. Setiap bergerak , panci atau membesarkan harus dibuat dalam kamera . Adegan yang diambil kemudian bisa diedit .

Digital fotografi , akses web untuk stok fotografi dan program editing Non - linear memiliki dampak yang nyata pada cara ini pembuatan film juga mengarah ke istilah ' Digimatic ' . Gambar dapat menembak dan diedit dengan sangat cepat untuk memungkinkan keputusan kreatif penting yang harus dibuat 'hidup' . Foto komposit animasi dapat membangun adegan rumit yang biasanya akan melampaui ujian banyak film anggaran .

Photomatic juga merupakan nama merek dagang dari banyak stand yang ditemukan di tempat-tempat umum yang mengambil foto dengan operasi koin . The photomatic merek stand yang diproduksi oleh International Mutoscope Reel Perusahaan New York City. Versi sebelumnya hanya mengambil satu foto per koin , dan versi terbaru dari bilik mengambil serangkaian foto . Banyak stand-stand akan menghasilkan strip empat foto dalam pertukaran untuk koin .
buku komik

Beberapa penulis telah menggunakan jenis storyboard gambar ( meskipun agak samar ) untuk scripting mereka buku komik , sering menunjukkan pementasan tokoh , latar belakang dan penempatan balon dengan instruksi untuk seniman yang diperlukan sering menulis sesuatu di margin dan dialog / keterangan ditunjukkan . John Stanley dan Carl Barks (bila ia menulis cerita untuk Junior Woodchuck judul ) diketahui telah menggunakan gaya ini scripting .
Dalam komik manga Jepang , kata " nemu " (ネーム; dimodifikasi Hepburn rōmaji : neemu , diucapkan [ ne̞e̞mu ͍ ̥ ] ) digunakan untuk storyboard manga .
bisnis

Storyboard digunakan saat ini oleh industri untuk perencanaan kampanye iklan , iklan , proposal atau presentasi bisnis lainnya yang ditujukan untuk meyakinkan atau memaksa untuk bertindak. Perusahaan konsultan mengajarkan teknik untuk staf mereka untuk digunakan selama pengembangan presentasi klien , sering menggunakan "teknik kertas cokelat " dari rekaman slide presentasi mock -up untuk sepotong besar kertas kraft yang dapat digulung untuk transportasi mudah . The storyboard awal mungkin yang sederhana seperti judul slide pada Post-It catatan , yang kemudian diganti dengan slide presentasi sebagai rancangan mereka diciptakan .

Storyboard juga ada di akuntansi di ABC System ( Activity Based Costing Sistem ) untuk mengembangkan proses flowchart rinci yang secara visual menunjukkan semua kegiatan dan hubungan antara kegiatan . Mereka digunakan dalam cara ini untuk mengukur biaya sumber daya yang dikonsumsi , mengidentifikasi dan menghilangkan biaya - non - nilai tambah , menentukan efisiensi dan efektivitas seluruh kegiatan utama , dan identitas dan mengevaluasi kegiatan baru yang dapat meningkatkan kinerja di masa mendatang .
A " kualitas storyboard " adalah alat untuk membantu memfasilitasi pengenalan dari proses peningkatan kualitas menjadi sebuah organisasi .

" Desain komik " adalah jenis storyboard digunakan untuk menyertakan seorang pelanggan atau karakter lain ke dalam cerita . Desain komik yang paling sering digunakan dalam merancang situs web atau menggambarkan skenario penggunaan produk selama desain . Desain komik yang dipopulerkan oleh Kevin Cheng dan Jane Jao pada tahun 2006 .

novel

Storyboard sekarang menjadi lebih populer dengan novelis . Karena kebanyakan novelis menulis cerita mereka dengan adegan daripada bab , storyboard berguna untuk merencanakan cerita dalam urutan kejadian dan menata ulang adegan sesuai ..

media interaktif

Baru-baru ini storyboard istilah telah digunakan di bidang pengembangan web , pengembangan software dan desain instruksional untuk hadir dan menjelaskan , secara tertulis , acara interaktif serta audio dan gerakan , terutama pada user interface dan halaman elektronik .

perangkat lunak

Storyboard digunakan dalam pengembangan perangkat lunak sebagai bagian dari mengidentifikasi spesifikasi untuk perangkat lunak tertentu . Selama fase spesifikasi , layar bahwa perangkat lunak akan menampilkan tertarik , baik di atas kertas atau menggunakan perangkat lunak khusus lainnya , untuk menggambarkan langkah-langkah penting dari pengalaman pengguna . Storyboard tersebut kemudian dimodifikasi oleh para insinyur dan klien sementara mereka memutuskan kebutuhan spesifik mereka . Alasan mengapa storyboard berguna selama rekayasa perangkat lunak adalah bahwa hal itu membantu pengguna memahami persis bagaimana perangkat lunak akan bekerja , jauh lebih baik daripada deskripsi abstrak . Hal ini juga lebih murah untuk membuat perubahan pada storyboard daripada sepotong diimplementasikan perangkat lunak .

manfaat

Salah satu keuntungan menggunakan storyboard adalah bahwa hal itu memungkinkan ( dalam film dan bisnis ) pengguna untuk bereksperimen dengan perubahan dalam alur cerita untuk membangkitkan reaksi kuat atau bunga . Kilas balik , misalnya , sering hasil pemilahan storyboard dari urutan kronologis untuk membantu membangun ketegangan dan bunga .

Proses berpikir visual dan perencanaan memungkinkan sekelompok orang untuk melakukan brainstorming bersama-sama , menempatkan ide-ide mereka pada storyboard dan kemudian mengatur storyboard di dinding . Hal ini mendorong lebih banyak ide dan menghasilkan konsensus di dalam kelompok .
penciptaan
 

Template storyboard .

Storyboard untuk film diciptakan dalam proses multiple step . Mereka dapat dibuat dengan gambar tangan atau digital pada komputer . Karakteristik utama dari storyboard adalah :
• Visualisasikan bercerita .
• Fokus cerita dan waktunya dalam beberapa frame kunci ( sangat penting dalam animasi ) .
• Tentukan parameter teknis : deskripsi gerak , kamera , pencahayaan , dll

Jika menggambar dengan tangan , langkah pertama adalah untuk membuat atau men-download template storyboard . Ini terlihat banyak seperti komik strip kosong , dengan ruang untuk komentar dan dialog . Kemudian sketsa " thumbnail " storyboard . Beberapa direksi sketsa thumbnail langsung pada skrip margin . Storyboard ini mendapatkan nama mereka karena mereka adalah sketsa kasar tidak lebih besar dari thumbnail . Untuk beberapa film, storyboard thumbnail yang cukup .

Namun, beberapa film sangat bergantung pada proses storyboard. Jika direktur atau produser keinginan , gambar storyboard yang lebih rinci dan rumit diciptakan . Ini dapat dibuat oleh seniman profesional storyboard dengan tangan di atas kertas atau digital dengan menggunakan program storyboard 2D . Beberapa aplikasi perangkat lunak bahkan pasokan yang stabil dari storyboard - gambar tertentu sehingga memungkinkan untuk segera membuat gambar yang mengungkapkan maksud direktur untuk cerita . Papan ini cenderung berisi informasi lebih rinci dari storyboard thumbnail dan menyampaikan lebih dari mood untuk adegan . Ini kemudian dipresentasikan kepada sinematografer proyek yang mencapai visi direktur.

Akhirnya , jika diperlukan , storyboard 3D diciptakan ( disebut ' previsualization teknis ' ) . Keuntungan dari storyboard 3D adalah mereka menunjukkan apa kamera film akan melihat menggunakan lensa kamera film akan menggunakan . Kerugian dari 3D adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membangun dan membangun tembakan . Storyboard 3D dapat dibangun dengan menggunakan program animasi 3D atau boneka digital dalam program 3D . Beberapa program memiliki koleksi tokoh 3D resolusi rendah yang dapat membantu dalam proses. Beberapa aplikasi 3D memungkinkan cinematographers untuk menciptakan " teknis " storyboard yang tembakan optik - benar dan frame .

Sementara storyboard teknis dapat membantu , storyboard optik - benar dapat membatasi kreativitas direktur. Dalam gambar gerak klasik seperti Orson Welles ' Citizen Kane dan Alfred Hitchcock'sNorth by Northwest , direktur dibuat storyboard yang awalnya dianggap oleh sineas untuk menjadi mustahil untuk film . Tembakan inovatif dan dramatis seperti memiliki " tidak mungkin " kedalaman lapangan dan sudut di mana "tidak ada ruang untuk kamera " - paling tidak sampai solusi kreatif yang ditemukan untuk mencapai tembakan tanah-melanggar bahwa direktur telah melakukan berbagai persiapan .


Referensi
1 . ' The Story of Walt Disney ' ( Henry Holt , 1956)
2 . 1936 dokumenter Cartoonland Misteri
3 . 2006 Informasi Arsitektur Summit Wrapup , boxesandarrows.com , 19 April 2006
4 . http://www.dailymail.co.uk/news/article-1381937/How-Alfred-Hitchcock-movie-suspense-master-crafted-screen-classics.html


RezaMaulana 1401123200
@R16Maulana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar